Wisata Sejarah Candi Cetho

Candi cetho merupakan sebuah situs candi peninggalan pada abad 15 menurut sejarah. Candi cetho terletak di dusun ceto desa gumeng kecamatan jenawi kabupaten karanganyar. Wisata sejarah di candi cetho memang unik selain kita bisa melihat peninggalan sejarah masa lalu, kita juga bisa melihat pemandangan nan asri dan indah.

Untuk bisa sampai ke candi cetho, kalian bisa mengambil rute dari karangpandan menuju kemuning atau kalo kalian dari arah sragen bisa menuju rute jenawi. Jalan nya pun juga terbilang halus hanya saja kelokan dan jurang serta tebing tetap menghiasi jalur sampai ke candi cetho. Pemandangan menuju candi cetho pun sangat indah karena kalian akan di auguhkan dengan hamparan kebun teh yang sangat menyegarkan mata.

Situs candi cetho menawarkan pemandangan yang apik karena terbilang komplek candi ini penataan nya cukup rapi. Candi cetho terletak di atas desa ceto, di bukit di kaki gunung lawu, seakan kita sampai di ujung bukit ketika sampai di pintu gerbang candi cetho. Datang di candi cetho kalian akan di sambut dengan dua pilar gerbang raksasa yang menjadi ikonik candi cetho.

Lebih ke atas lagi kalian akan di sambut dengan situs lingga yoni yang sampai sekarang masih di sakralkan. Ada juga patung saraswati yang langsung di datangkan dari bali yang menjadi salah satu ikon candi cetho.

Di dalam komplek candi terdapat juga sebuah sendang yang juga masih sangat disakralkan. Serta di atas komplek candi tersapat candi ketek. Hampir mayoritas penduduk dusun ceto beragama hindu, sehingga memang candi ini masih sangat di sakralkan karena masih digunakan sebagai tempat beribadah.

Nah, berikut saya berikan sedikit referensi foto-foto candi cetho






1 comment:

  1. Titanium Art - Titanium Hip
    Titanium Art. T. The used ford edge titanium T. titanium muffler T.T. T.T. is one of samsung titanium watch the most popular and widely used titanium mokume gane musical instruments, the T.T.T. raw titanium is an instrument used by

    ReplyDelete